Wednesday, October 19, 2016

The Last Silver Bullets - Chapter 1 : Prologue

Entah kenapa gw tetibaan mood nulis hal kayak gini, if you read my previous articles this one is the most ga nyambung, but yeah blog gw mau - mau gw lah ya.

So here we go, hobby or bisa di katakan passion gw yang sempat tertahan akhirnya berhasil keluar dengan suksesnya diikuti dengan menangisnya tabungan gw, who need saving when you can that limited model kits (jangan di contoh, orang gila yang uda biasa makan nasi kecap sehari 3x selama sebulan).

Akhir - akhir ini atau tepatnya setelah GBWC (Gundam Builders World Cup - Not Gundam Bootleg World Cup) 2016 minggu kemarin, masalah mengenai Standar Nasional Indonesia (SNI) kembali mencuat, ga bisa di pungkiri lagi masalah yang satu ini akan berulang setelah tahun sebelumnya pernah terjadi juga, gw pribadi sempet menduga ini warm warm chiken shit issue like the last year, but pihak yang merasa dirugikan terutama dalam hal dompet take it into another level yang sebenernya legal dan benar untuk mereka lakukan sebagai pihak yang teraniaya oleh kita (eh? elo aja deh, gw mah apah cuma calo ga ikutan), Oke kenapa legal dan mereka berhak melakukan upgrade dari masalah ini? mari kita baca analisa amatiran gw.

1. The Arrogance of The Pile.

Seperti kita ketahui pengupgrade masalah ini bisa dibilang dedengkot atau bahkan salah satu pioneer dimana jaman gw muda dan super menggemaskan dulu jadi salah satu tempat populer buat ngabisin duit ortu abis gajian or malak kalo dapet nilai bagus, bisa sebulan 2 - 3x mampir untuk spending yang waktu itu harganya masih dibilang SNI juga di dompet ortu gw, so yeah they've been around since 1995 thanks to them also yang buat kita (anak 90an) keracunan plastik sampe sekarang at least for me, I still remember my first LEGO the Medieval set yang sukses di kasih ke orang waktu gw kuliah, pas liat harganya sekarang langsung lesu lemah setel lagu "all by myself" Celine Dion.

Kerajaan ini semakin besar dengan total lebih dari 40 lokasi di seluruh indonesia katanya lho gw asal jeplak aja ini nerusin info dari temen gw yg kebetulan kerja disana dari jaman dia jadi kuli loading sampe sekarang uda dikasih pegang 1 lokasi, so kebayang udah berapa ribu orang yang menyandarkan hidupnya disini juga entah meraka memang suka cari makan disana apa memang uda kelewat nyaman di karenakan masa emas 90an sampe 2000an awal itu terbilang bisa kerja disalah satu produk usaha mereka itu cukup bergengsi, gaji yg lumayan pada jamannya, tunjangan embel - embel dan bonus yg memungkinkan lo beli kerupuk buat stok setaun.

Again kita ga bisa hapus sejarah yang memang mereka udah jadi bagian dari keracunan kita ini, kalo ada beberapa yang dapet racun ini di tahun 90an bukan dari mereka, well you are one of a kind, entah ada saudara yg tinggal di luar atau hadiah dari tukang ager or abang tukang poster.

2. Rise of The Digital

Masih inget email pertama lo apa? gw ga bakal lupa sama freaky_lnks@yahoo.com (uda ga aktip) ahahah alay total broh kalo inget - inget lagi, but yeah thats good old days, jaman internet up to 52kbps 0809 yg gantian kalo ada yang mau pake telpon dan tagihan telpon meleduk tiap akhir bulan gara - gara youtube masih banyak JAV dan lo streaming tiap malem.

Anyway market place juga mulai tumbuh waktu itu, seperti tokoAGUS dan toKOPETdia yang gw juga udah mulai napak disana waktu itu jualan sepatu naiki sama ribok sisa export a.k.a barang reject dan antusias pasar yang luar biasa dan trend belanja udah mulai ke digital dimana semakin kuat rasa percaya pasar ke para seller digital yg ketemu muka juga belom pernah sampe sekarang tapi uda langganan taunan, makanya tokoAGUS bisa sampe di jual ganti nama ke kOLeX dan toKOPETdia dapet dana buat terus berkembang sampe segede sekarang meskipun on paper mereka masih mau rugi 10 taun lagi (IYA 10 TAUN LAGI MASIH MAU RUGI), yang akibatknya banyak orang yang fokus jadi pedagang dadakan iseng (macem gw) sampe jadi serius buka toko "online" dengan biaya yang hampir ga ada kecuali pulsa telpon sama paket data, so semua orang tiba - tiba punya toko dan bebas ngejual apa aja yg mereka bisa jual TANPA MODAL sebesar toko fisik asli, reaksi pasar gimana? makin bagus dong ga usah capek jalan keluar tinggal liat - liat toko online dapet barang yg di mau, kontak seller, sabar 2 3 hari barang di terima, malah ada seller yg bersedia anterin langsung buat relate dan repeat order bawain barang laen (BACA : ARIE PERDANA KUSUMA). So it's all good isnt? good money, saving cash, fast flow, grow faster, super sekali.

Theeeeeeeeen, gimana nasib kerajaan besar tetangga? unfortunatelly mereka sudah punya flow sendiri, yes loyal customer (termasuk gw) masih suka visit untuk cari - cari diskonan (IYA GW CARI DISKONAN) yang kadang ngaco kelewatan setelah di cek ke toko online dulu tentunya, sebagai contoh gw dapet FBM Strike Freedom 1/100 650rb ajah (ga dijual jadi jangan di tawar) tapi ini termasuk langka, bukan barangnya tapi diskonnya, dan waktu itu mereka masih cukup jarang kasih deal gaib macem ini, seiring waktu jalan terutama 3 taun terakhir dimana cancer online semakin ganas, mungkin udah stadium IV sekarang makanya perlu dokter khusus yang pastinya mahal biayanya untuk menyingkirkan cancer ini (BACA : SELLER ONLINE).

Kita selalu bisa menyalahkan mereka yang jual racun yang ga SNI di dompet kita, tapi mau gimana lagi banting harga tapi toko tutup dan banyak pengangguran apa mencoba survive dengan amunisi yg terlanjur sudah di tangan? sebagai pebisnis kelas kelurahan gw rasa harga mereka cukup wajar, toko di lokasi strategis dan rame yg pasti ga murah sewanya, design interior yg pasti ga murah juga, belum lagi gaji karyawan yang tiap taun UMR naek terus, ujug - ujug yg jaga lokasi pasti di target yang naek terus bahkan dobel tiap quarternya (muka temen gw sedih pas cerita target, gw kasih okky jelly drink sama kripik kusuka biar ceria).

Ok kenapa ga ikutan online aja buat rebut pasar? pertanyaan yg bagus dari mas - mas di meja nomer 12

Bro, its a Huge Company, maybe one of the giant in the jungle in Indonesia, mereka juga punya affiliasi yang sudah berjalan sangat lama sebagai tangan buat ngabisin amunisi, yakin mau matiin tangan sendiri? Aku sih NO (gaya mas Anang Indonesian Idol), bukannya ga ada feature online, they have it also cuma tetep harganya ga boleh di bawah harga lapak fisik, dengan alasan yang sama jadi online hanya sebagai gerai aja, ada yang makan dari sana? ada pasti, cuma apa iya kita ga cek dulu ke lapak lain yang udah jelas lebih SNI di dompet dan tetep mau beli di lapak online mereka? lu gila ha? sana cari aqua dulu.

Jadi lapak online ga banyak membantu nutup luka akibat cancer yang terus menggerogoti secara perlahan, omset turun, expense makin tambah, di bandingin sama cancer ini yang udah jelas expense sebagian besar di modal belanja sama bayar jasa calo a.k.a forwarder biar sampe depan rumah lo aman tinggal tunggu cair jadi duit, gw ga bilang cancer ga spent money dikit, forwarder atau shipping ga murah broh (im one of them) tapi tetep dari nilai modal ga usah di adu lah bego sendiri malahan kalo mau itungan.

Jadi fix rebutan di pasar di online buat mereka sama aja minum kopi sianida.

Subsidi silang margin dari barang yang laku masih bisa kan? Terima kasih mas alex untuk pertanyaan kurang berbobotnya, kita jawab sebentar lagi ya (buat kopi dulu).

Tau skema subsidi silang? kalo produk usaha lo mau bangkrut lo pasti kasih subsidi silang dengan mengurangi profit dari produk usaha lainnya, dalam hal ini gerai racun plastik di subsidi udah kurang lebih 3 taun, dibilang rugi iya, impas? boro - boro.

Tapi kan dulu udah pernah makmur?

ini perlu gw jawab juga? ITU DULU CUK, lo kira jaman sekarang cost kayak dulu 5rebu bisa hura - hura seharian di sekolah. Expansi harus tetap dilakukan biar berdarah juga, korban juga ada kok, buktinya beberapa lapak harus tutup atau relokasi macem PSK karena ga ada pelanggan dah sewa kamar makin mahal.

Terus kenapa cuma racun plastik yang di recokin? kan masih ada produk lainnya, macem kaen, karet yang nyata banyak juga cancer yang jual dengan harga lebih murah dari plastik? (ini mas alex ga kelar - kelar tanya macem tersanjung)

Kaen maksudnya Garment mas? They still making a very good money, so dont bother pedagang kw tanabang sama ITC, lo perhatiin tiap mol baru buka, pasti produk mereka ada disana tapi ga semua mol baru buka ada gerai racun plastik kan?

Karet? sepatu alias spokat? apalagi itu, makin ga ada serinya duit dari situ, yang beli kw itu kemungkinan duit mepet mau gaya, kadang uda mepet juga tetep maksa beli ori, karena kualitas jelas beda dan long term of usage alias awet jadi bisa dibilang ini bisa nabung ga belanja lagi taunan kecuali emang lo hobby macem gw keracunan plastik.

Jadi masalahnya di omset plastik yang terjun bebas mas? Tanya kayak gini lagi gw sekolahin lagi mau? belajar baca yg bener sono.

Iya ini salah satu pangkal masalahnya, yang berujung dibukanya kartu ASS mereka terutama di LEGALITAS dengan BIAYA yang jelas cancer - cancer ini pasti ga bakalan bisa lawan secara frontal.

Udah ada yang mulai paham analisa amatiran gw?

Chapter 2 : The Reckoning - Glory Will Be Ours kemungkinan gw update rada malem or subuh lah ahaha, so feel free to tanya - tanya, jangan tanya nama sumber orang dalem buat info gw darimana, etikanya ga boleh di beberkan bahaya buat karir dia juga disana yang udah cukup layak.

-y.m.p-