Saturday, October 22, 2016

The Last Silver Bullets - Chapter 2 : The Reckoning - Glory Will Be Ours

Seperti janji gw di akhir chapter 1 : Prologue, sekarang akan gw bahas sedikit mengenai hasil analisa amatiran yang lebih detail, kenapa gw bilang ini reckoning? bukan payday or revenge? Kalo lo baca di chapter 1, pihak yang dirugikan ini sebenarnya suatu kekuatan yang besar, yes we came into their jungle and suddenly break the chain and habbits, ga bisa di salahkan juga sebenernya, buyer semakin pinter dan teknologi semakin berkembang, jadi apa salahnya ya? yang paling mendasar adalah LEGALITAS.

What the hell is wrong with LEGALITAS?

Buat sebagian (atau kebanyakan) cancer kecil legalitas ini adalah sesuatu yang mereka belum paham benar, buat yg belum baca chapter 1, cancer adalah kita, seller kelas teri, kok kesannya kasar ya di sebut cancer? gw jelasin dulu ya jangan keburu sewot.

Kita sama - sama paham, usaha dagang perlu modal, nyali, perhitungan dan legalitas ditempat kita melakukan usaha kecil - kecilan ini, pertama gw mau tanya ke cancer - cancer kecil ini, apa lo pada punya ijin usaha dagang yang sah? paling ga CV deh ga usah PT, gw rasa ga sampe 10% seller online racun plastik ini punya ijin yang benar sebagai "Usaha Perdagangan" atau "Importir".

Ngurus Ijin usaha kan mahal bro, kita pedagang kecil mana mampu, barang laku aja uda bagus

Nah lo tau sendiri jawabannya kan? trus lo kira mereka yang udah jadi kerajaan itu dulu ga ngurus legalitas dan lainnya biar usaha mereka tetap bisa jalan LEGAL tanpa di recokin aparat nakal di pelabuhan.

Dari flow barang masuk, gw tanya beberapa orang seller kecil, dan jawabannya bilang barang mereka LEGAL, yes barang lo legal kalo lo konsumsi sendiri bukan lo jualin lagi dengan memanfaatkan keadaan yang serba gratis sekarang untuk promosi secara online. Masih ada beberapa yang ngeyel bilang mereka bayar mahal forwarder untuk masukin barang kesini, baik yang lewat laut atau udara, bro please lah udah rahasia umum barang forwarder masuk pake nama pribadi bukan nama PT atau pun Perusahaan Legal yag terdaftar dan bayar pajak, jadi rate lo pasti jauh lebih murah dari retail resmi yang dimana komponen harga jual meraka termasuk pajak, biaya sewa tempat, perijinan, dan gaji karyawan, modal lo apa? paket data buat broadcast di sosmed open P.O sama spam di grup bilang barang ready stock rate murah.

Iris kuping gw kalo lo ga ribet nyiapin sogokan buat orang custom di pelabuhan atau airport buat kluarin barang, kalo lo udah pake ijin legal mana mungkin lo pusing ngurusin itu, barang lo jelas ijinnya dan pasti peruntukannya untuk bisnis jadi secara ga langsung ada pajak buat negara, masalah orang custom mau terima sogokan? wah itu diluar analisa gw ya, kasarnya duit gw punya temen mas, setan aja doyan di kasih duit gimana orang beneran.

Hal ini berlanjut dan berlarut makin tahun makin gila, makin banyak cancer bermunculan modal kira - kira 50juta belanja di distributor dari negara asal + kira - kira 2juta nyogok custom balik modal dalam waktu 3 sampai 4 bulan + profit 15- 30% atau kadang lebih kalo nyangkut barang rare di barang jualan lo yang harganya emang ga bisa pake itungan normal dagang.

Sampai sini udah paham dimana salah lo? kalo belom paham yuk kita balik perspektipnyah

Ok sekarang gw memposisikan diri sebagai si penguasa pasar, tentunya modal gw kuat dan gw udah abis banyak untuk urus LEGALITAS biar bisnis gw panjang dan lancar kedepannya, hire tim dan orang yang capable untuk running bisnis, sewa tempat yang strategis dan pastinya biaya belanja yang ga murah untuk dapet ijin distributor resmi dari negara asal racun plastik ini.

Tahun demi tahun, bisnis lancar jaya, aset tambah terus, cabang makin banyak yang artinya pengeluaran makin bertambah tapi masih OK, omset sesuai jadi nafas masih bisa dilanjut.

Jaman berkembang, teknologi dan internet semakin maju, komunikasi semakin gampang untuk kontak siapapun di seluruh belahan bumi, dan mulai lah bermunculan pedagang - pedagang kecil dengan niat mencari sesuap nasi dan harga yang jauh lebih murah dari harga jual gw, kasarnya gw uda tau ini barang flow nya illegal, mereka ga bayar pajak apapun kenegara kecuali sogokan di custom dianggap pajak ya cetek amat pikiran lo.

Omset menurun, gaji karyawan harus dibayar, dan image sebagai raksasa dengan segala gengsi plus nama besar makin buat gerah dong pastinya, kasar kata "ngehe gw susah - susah urus barang secara resmi, bayar pajak dan investasi juga di asset bisnis, ini bocah kemaren dateng modal nekat makan pasar gw dan ga sedikt jumlahnya".

Jadi gw sebagai pihak yang di rugikan secara legal berhak nuntun para pedagang kecil ini dong? oh jelas tapi bukan orangnya, sebagian besar seller online dan mereka melakukan aktivitas jual beli di tempat yang memang seharusnya, ga ada masalah dengan itu kan? tapi barang yang mereka dapet itu gimana? secara logika, gw yang pegang distributor tunggal di Indonesia, mereka bisa dapet barang dari mana kalo ga ambil lewat gw? udah pasti ILLEGAL dan GA ADA PAJAK ke negara.

Point GA ADA PAJAK ke negara ini yang bisa diangkat ke hukum sampai pihak berwajib, karena jelas negara dirugikan dari aktivitas illegal ini, sedangkan kita yang setoran pajak secara legal omset makin berkurang karena pasar dimakan semua sama pedagang kecil dengan barang illegalnya. 

Nah sekarang gimana? ada sanggahan mengenai barang yang kata lo LEGAL?

Masih masalahin SNI? seriusan lo ga bisa baca kayaknya, SNI itu Standar Nasional Indonesia, dengan kata lain barang dengan stiker SNI itu sebenernya ga cuma layak beredar tapi ADA PAJAKNYA, makanya stiker SNI itu jadi semacem bala buat kolektor kelas mid - low yang budget pas - pasan dimana harga beda 10ribu nawar macem emak - emak di pasar biar turun.

itu barang dari B*NDAI ga mungkin ga standar lah mereka pasti uda cek kelayakan dll.

Iya itu orang bego juga tau bro, perusahaan sekelas B*NDAI ga mungkin kasih lo barang asal dan udah ada tanda verifikasi dari sana (di dus nya ada icon ST)

Nah kalo udah bayar verifikasi ngapain lagi di otak atik SNI? kan udah layak?

Baca 2 pertanyaan sebelumnya kalo masih belom paham cari aqua, minum dulu pelan - pelan jangan emosi.

Itu barang kan udah bayar pajak produksi disana, masa kita harus di bebankan bayar pajak lagi ke negara? kita pedagang kecil mas untung aja tipis.

Lo dagang di negara asal apa di Indonesia? disini toko kecil pinggir jalan aja masih di mintain pajak karena memang itu aturan yang bener, tau gini logikanya, lo buka warung pecel ayam pinggiran aja ada yang malakin uang kebersihan dan keamanan tiap hari bro, tapi lo tetep bayar kan biar usaha lo jalan.

Intinya gw mau bilang selama cara barang masuk lo LEGAL dan BENER ga bakalan lo ketakutan sama masalah SNI, modal harus gedean lagi? ini bisnis bro, ga ada modal jangan bisnis nyalo barang legal nya aja kayak gw, untungnya pun ga jauh beda malahan ga pusing mikirin deposit ke distributor negara asal yang lo harus deg-degan lagi nunggu barang lo bisa tembus custom dengan sogokan kecil apa ga atau biaya forwarder yang kadang amit - amit mahalnya (gw nyambi forwarder juga jadi gw tau berapa biaya barang lo sampe sini).

Please dont make yourself look stupid, dengan belaga ga tau, merasa pedagang kecil tertindas atau apalah, peraturan tetap peraturan dan mereka pake kartu ASS ini karena mereka juga berusaha untuk survive kok, gw yakin lo pada bersorak - sorak kalo ini monster gulung tikar, tapi apa lo mikir nasih ribuan orang yang udah menggantungkan hidup disana jadi karyawan? kan enggak juga, kasarnya mereka pegang semua kartu dan financial yang bisa buat lo gulung tikar terus balik kerja jadi karyawan lagi dalam waktu sebentar.

Masih banyak cara legal biar barang bisa masuk dengan resiko mengurangi margin pastinya tapi kalo emang niat jalanin bisnis importir, modal ga bakalan kecil bro, inget bisnis jualan racun plastik lo bukan cuma dagang, tapi import barang juga dan bukan di produksi disini, jadi barang yang lo datengin dari luar kesini ga ada sumbangan sama sekali untuk kemajuan ekonomi negara ini selain ekonomi rekening bank lo sendiri. Bisnis memang keras bro, mereka bisa monopoli karena memang mereka mampu, kalo cara lo LEGAL, gw yakin mereka dengan senang hati bersaing secara sehat sama lo dari promosi, program diskon dll atau apalah promo yang rutin di adain.

So yeah, feel free to hate me as a seller, buyer and collector also who stand with them :)

-y.m.p-